Berbagi Pengetahuan Bersama

CENTRIFUGE

CENTRIFUGE

PENDAHULUAN

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam segala aspek kehidupan, mulai dari bidang pendidikan hingga bidang kesehatan dan banyak lagi yang lainnya, namun hal itu tidak akan terwujud tampa adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang ini. Sebagian orang yang menekuni bidang ilmu kesehatan baik kesehatan manusia ataupun kesehatan hewan, diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan keahlianya secara cepat efektif dan efisien dengan tanpa mengesampingkan resiko yang ditimbulkan, oleh karena itu apa saja yang berkaitan dengan kehidupan dan kebutuhannya terutama di bidang kesehatan baik itu kesehatan manusia ataupun hewan yang bermanfaat dalam mendukung kehidupan ber-ekosistem akan langsung diadakan penelitian di laboratorium terhadap suatu penyakit yang menggunakan suatu sample untuk mengetahuinya dan dalam proses tersebut memerlukan berbagai alat yang diantaranya adalah centrifuge.

Gambar 1. Centrifuge manual.            Gambar 2. Centrifuge Elektrik.

Dilingkungan saya bekerja (Fakultas Peternakan) banyak menggunakan alat centrifuge tersebut untuk praktikum mahasiswa dalam mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu kesehatan dan pelestarian hewan,  khususnya yang bisa dikembangkan dalam dunia peternakan hewan.

Secara Umum  ada beberapa  jenis centrifuge yang biasa digunakan dalam laboratorium, diantaranya yaitu :

  1. Preparative Centrifuge
    –  Ukuran sampel yang lebih besar dapat digunakan
    –  No optical read-out – collect fractions and analyze them after the run (Tidak optik read-out-  mengumpulkan pecahan dan menganalisis mereka setelah menjalankan).
    –  Less pure sample can be used · Kurang sampel murni dapat digunakan
    –  Dapat digunakan untuk memperkirakan koefisien sedimentasi dan MW
    –  Umumnya digunakan untuk memisahkan organel dan molekul. Kebanyakan kerja sentrifugasi dilakukan dengan menggunakan persediaan ultracentrifuge
  2. Analytical Centrifuge
    – Menggunakan ukuran sampel kecil (kurang dari 1 ml)
    – Dibangun pada sistem optik untuk menganalisis kemajuan dari molekul selama sentrifugasi
    – Menggunakan sampel yang relatif murni
    – Digunakan untuk tepat menentukan koefisien sedimentasi dan molekul MW
    – Beckman Model E adalah contoh sentrifugal yang digunakan untuk tujuan ini
  3. Angle Fixed Centrifuge

Centrifuge yang disesuaikan dengan kebutuhan sampel dan ukuran sudut    putar

      4. Swing Head Centrifuge

Centrifuge dalam Ukuran yang besar dan berbagai  model baik Vertikal ataupun Horisontal

    5.  Haematocrit Centrifuge

Centrifuge yang digunakan untuk sampel darah, sehingga berukuran sangat kecil dengan standart ukuran Micro (Micro Haemotocrit Centrifuge).

Teknik Kerja Centrifuge

 Centrifuge adalah sebuah mesin putar dengan gaya putar atau centrifugasi terdiri dari rangkaian terpadu yaitu Elektrik dan Mekanik. Dalam elektriknya terdapat adanya sebuah motor penggerak yang terhubung dalam sumber tegangan listrik yang menggerakan rangkaian mekanik yang sudah disusun dengan berbagai ukuran, jumlah tempat tabung sampel dan jarak tertentu, dimana pabrikasi tersebut sudah disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan di bidang laboratorium ilmu kesehatan.

                      Gambar 3. Beberapa Contoh Konstruksi Rangkaian Centrifuge.

Dalam kerja centrifuge, Sampel yang dikehandaki  ditimbang (sesuai kebutuhan dan ukuran tabung) dimasukan dalam tempat tabung pada centrifuge, agar putaran berimbang maka harus diseimbangkan antara sisi kanan dan kiri tempat tabung, penyeimbang bisa saja menggunakan tabung sampel yang diisi dan sudah disamakan ukuran dan beratnya, sehingga putaran kerja motor penggerak berimbang oleh beban. Melakukan putaran gerak sesuai yang direncanakan dengan ukuran putar RPM (Rotation Per Menit),ukuran RPM dari pabrikasi biasanya sudah dibatasi dalam range tertentu, misal 500-3000 Rpm, Haematrocit centrifuge 1500 – 10.000 Rpm, dan sebagainya.

Gambar 4. Tabung Sampel dan posisi peletakannya.

Sumber     : – Laboratorium Fakultas Peternakan UNSOED.

:  – Manual Book Centrifuge.

Tinggalkan komentar